Friday, April 10, 2009

Panduan Membuat Blog_ Merubah Template

Pembaca "Membuat Blog Itu Gampang" yg baik hati, ada yg perlu diperhatikan ketika kamu ingin merubah Template kamu. Yang ingin saya tegaskan di sini adalah, bahwa memilih Template pertimbangannya jangan hanya sekedar seni atau keindahan atau estetika saja. Tetapi ada hal lain yg harus diperhatikan, khususnya jika tujuan utama kamu Blogging adalah untuk mendapatkan uang dari Blogging. Apa yg harus diperhatikan itu?

Yang harus diperhatikan adalah bahwa selain keindahan atau seni, memilih Template juga harus mempertimbangkan masalah SEO atau Search Engine Optimization. Template yg lebih "Ramah SEO" adalah Template yg halaman utama atau artikel-artikelnya di sebelah kiri, atau Sidebar-nya ada di sebelah kanan. Contohnya seperti Template "Membuat Blog Itu Gampang". Alasannya apa? Karena soal SEO ini sudah cukup "tinggi", maka sebaiknya kamu belajarnya pada tahapan selanjutnya saja, ya...!!!

Nah, kalau kamu pengin merubah Template, mungkin karena kurang pas atau pengin tampilan yg lain, berikut saya berikan panduan membuat atau melakukan penggantian Template pada Blog kamu sbb:

Di layar sebelah kanan atas ada tulisan seperti ini:

membuatblog.ig@gmail.com | New Post | Customize | Sign Out

Klik “Customize”, maka akan tampil spt ini:
(NOTE: KLIK GAMBAR UNTUK MENDAPATKAN GAMBAR YG LEBIH JELAS)


Klik ”Pick New Template”.

Maka akan tampil spt ini:


Di sini saya Klik gambar tengah pada tulisan ”Stretch Denim”, Klik ”Save Template” pada kotak warna orange. Tunggu hingga muncul tulisan “Your changes have been saved. View Blog” di atas Tempate “Strech Denim”. Kemudian Klik “View Blog”. Hingga muncul layar spt ini:


Gampang bukan? Nah, sekarang kamu bisa berEksplorasi memilih Template yg kamu suka dari pilihan yg ada. Sebenarnya kamu juga bisa menggunakan Template di luar Blogspot. Kamu bisa cari Template gratisan. Namun caranya tidak sama dengan yang sudah saya jelaskan di atas.

Hal ini akan saya jelaskan pada artikel tersendiri. Saya sarankan, sebaiknya hal ini kamu lakukan jika kamu sudah cukup mahir atau fasih dengan Blogspot dulu saja. Lebih baik kamu pelajari hal-hal lainnya dahulu yg perlu kamu pelajari lebih dulu, seperti menulis artikel, meng-load foto, dsb.

Untuk itu sekarang saya ajak kamu ke sini: Panduan Membuat Artikel atau Posting Blog. Siap? Klik saja DI SINI.

No comments:

Post a Comment