Friday, April 10, 2009

Panduan Membuat Blog_Tahap Paling Awal

Pembaca "Membuat Blog Itu Gampang" yang baik, sekarang saatnya belajar mambuat Blog.

Berikut adalah panduan membuat Blog. Ikuti tahapannya, dan langsung praktekkan.

Masuklah ke http://www.google.com . Atau Klik di sini.

Maka akan muncul layar sbb:


Ketik "Blogger" di kotak kosong di bawah tulisan ”Google” besar. Seperti gambar di bawah:


Enter atau Klik di kotak ”Google Search”. Maka akan muncul layer sbb:


Klik link ”Blogger: Sign in”. Maka akan muncul layar sbb:


Pembaca "Membuat Blog Itu Gampang" yang baik, selanjutnya, pada kotak ”Google Account” tuliskan alamat email kamu, bisa lengkap dgn "@gmail.com" atau tanpa "@gmail.com" Dalam contoh ini adalah ”membuatblog.ig”. (Note: JANGAN ISIKAN SEPERTI CONTOH INI. MELAINKAN ISIKAN ALAMAT E-MAIL KAMU).

Kemudian isikan password kamu pada kolom ”Password”.

Selanjutnya Klik ”Sign in” di bawah kolom password yg sudah kamu masukkan. Maka akan muncul layar sbb:


Isikan Nama Blog yg kamu kehendaki di sebelah ”Display Name” . Dalam contoh ini adalah ”Membuat Blog Itu Gampang”.

Selanjutnya klik kotak kecil di bawahnya, sebagai tanda kamu menyetujui ”Term of Service” di Google. Sehingga di layar akan nampak sbb:


Selanjutnya Klik Panah warna orange dengan tulisan ”Continue”, hingga muncul layar sbb:


Selanjutnya Klik ” create a blog? Maka akan muncul layer sbb:

รจ b-6

Pembaca "Membuat Blog Itu Gampang" yang baik, selanjutnya isi kolom “Blog Title” dengan nama Blog yg kamu kehendaki. Dalam contoh ini adalah ”Membuat Blog Itu Gampang”. Bagaimana memilih ”judul yg baik”? Hal ini akan saya jelaskan pada artikel lain, mengingat nama ini sangat penting terhadap ”masa depan” Blog kamu.
Kemudian isi kolom ”Blog address (URL)” dengan alamat Blog yg kamu kehendaki. Bagaimana memilih alamat Blog (URL) ”yang baik”? Hal ini juga akan saya jelaskan pada artikel lain, alamat Blog ini juga sangat penting terhadap ”masa depan” Blog kamu.

Dalam contoh ini saya memilih alamat Blog “membuat-blog-itu-gampang”. Jadi, nantinya alamat Blog saya akan menjadi: http://membuat-blog-itu-gampang.blogspot.com atau http://www.membuat-blog-itu-gampang.blogspot.com

Sebelumnya pastikan dulu bahwa alamat tsb belum ada yg memakai. Caranya adalah dengan meng-Klik ”Check Availability. Kalau belum muncul ”This blog address is available” berarti alamat Blog yg kamu buat tadi sudah ada yg punya. Ganti alamat Blog lain sampai bisa. Usahakan alamat Blog ini mirip dengan judul Blog kamu.

Maka akan muncul layar sbb:


Selanjutnya Klik anak panah orange dg tulisan ”continue”, maka selanjutnya akan muncul sbb:


Tahap selanjutnya adalah memilih Template atau tampilan Blog yg kamu kehendaki. Klik pada Template yg kamu kehendaki. Pesan saya, pilihlah Template yg Sidebarnya di sebelah kanan. Kenapa? Ini akan saya jelaskan lebih lanjut, kelak jika kamu sudah cukup mahir Blogging. Hal ini penting, terkait dengan masa depan Blog kamu dan juga penghasilan dari Blogging kamu. Jadi, segera pinter, ya...!

Dalam contoh ini saya pilih ”Son of Moto”. Kemudian klik anak panah orange dengan tulisan ”continue”. Maka akan muncul layar spt ini:

Blog kamu sudah tercipta. Maka, Klik saja anak panah orange dengan tulisan ”start blogging”, hingga muncul layar sbb:


Sebelum kamu memulai mengisi Blog kamu dengan berbagai artikel atau foto, coba kamu Klik dulu ”View Blog” di bawah judul Blog kamu. Maka akan muncul layar sbb:


Cantik bukan?

Tampilan atau Template Blog ini bisa dirubah-rubah atau diganti sesuai yang ada di pilihan Template pada Blogspot. Bagaimana merubah Template ini? Berikut ini saya berikan panduan membuat perubahan pada Template. Klik saja di sini.

1 comment: