Thursday, April 9, 2009

Panduan Membuat Blog_Membuat E-mail Address Gmail

Pembaca "Membuat Blog Itu Gampang" yang baik hati, seperti sudah saya tulis sebelumnya, e-mail address atau alamat e-mail itu merupakan hal yg mendasar untuk membuat Blog. E-mail ibarat pintu masuk. Misalkan kamu mau masuk ke mobil, gimana kalau tidak ada pintunya? Kamu tidak akan bisa menjalankan mobilnya kan? Nah, artikel ini membahas hal tsb.

Panduan membuat e-mail dalam artikel ini saya buat sedetail mungkin, agar pemula di dunia Blogging sekalipun bisa belajar sendiri dari "Membuat Blog Itu Gampang" ini. Jadi, kalau kamu sama sekali belum mengenal dunia Blogging atau bahkan mungkin belum kenal banget dengan dunia internet, jangan khawatir. Setelah membaca dan mengikuti tahap demi tahap "Membuat Blog Itu Gampang", aku jamin kamu akan jadi mahir.

Dan, bukan tidak mungkin suatu saat nanti kamu akan menjadi kaya berkat Blogging, karena di "Membuat Blog Itu Gampang" ini aku akan ajarkan juga cara mencari uang melalui Blogging. Jadi ikuti terus artikel-artikel di sini sampai tuntas.

Syaratnya satu: ikitu tahap demi tahap, tekun, serius, dan fokus. Oke?

Panduan membuat e-mail address di "Membuat Blog Itu Gampang" ini adalah panduan membuat e-mail address di Gmail, bukan di Yahoo Mail atau yg lainnya. Kenapa? Supaya nantinya tidak ada masalah, meskipun pakai Yahoo sebenarnya juga bisa. Maklum, karena Blogspot adalah milik Google, maka pada waktu masuk atau Sign-in ke Blog kamu seringkali ditanyakan Username atau e-mail address Google. OK, kalau kamu belum punya, e-mail address di Gmail dan kamu belum bisa membuatnya sendiri, berikut ini panduannya.

Cara membuat e-mail address atau alamat e-mail di Google atau Gmail.

Pertama masuklah ke http://www.google.com. Atau klik di sini. Maka akan muncul layar seperti ini: (NOTE: UNTUK MEMPERJELAS GAMBAR, SILAKAN KLIK PADA GAMBAR YANG BERSANGKUTAN):

Di layar itu ada tulisan seperti ini:

Web Images Maps News Video Gmail more ▼

Klik saja “Gmail” (antara “Video” dan “more”), maka akan muncul layar seperti ini:

Selanjutnya Klik ”Create an account” di bagian kanan bawah. Maka akan muncul layer spt ini:



Setelah itu isi kotak “First Name” dengan nama yg kamu kehendaki. Dalam contoh ini “First name” saya adalah “Membuat Blog”.

Kemudian isi kotak “Last name”. Dalam contoh ini, “Last name” saya adalah “Itu Gampang”.

Selanjutnya isi kotak di sebelah kanan “Desired Login Name” dengan alamat e-mail yg kamu kehendaki. Dalam contoh ini saya ingin e-mail address saya adalah membuatblog.ig@gmail.com, maka dalam kotak tsb saya isikan “membuatblog.ig”. Setelah itu Klik tulisan “check availability di bawah email address yg kamu ketikkan tadi. Kalau berhasil maka akan muncul “membuatblog.ig is available” (karena tadi saya menghendaki e-mail address seperti ini. Kalau belum muncul “e-mail address is available”, kamu harus coba e-mail address lain sampai muncul kalimat tsb.


Contohnya seperti ini:



Jika sudah, ketikkan password yg kamu kehendaki, minimal delapan huruf. Bisa campuran antara huruf dan angka di kotak sebelah ”Choose a password”. Password adalah kata kunci yg harus kamu ingat sendiri. Jangan sampai ada orang lain yg tahu.

Ketik ulang password kamu tadi di kotak sebelah ”Re-enter password”. Ingat, password yg kamu ketikkan ini harus sama dengan yg kamu ketikkan di kotak ”Choose a password” tadi.


Jika kamu menghendaki password kamu ini diingat oleh komputer tempat kamu membuat e-mail address ini, maka kotak kecil di sebelah tulisan ”Remember me on this computer” kamu klik, hingga muncul tanda centang atau contreng.

Klik juga kotak kecil di sebelah kalimat ”Enable Web History”.

Setelah itu isi ”Security Question” dengan pertanyaan yg kamu kehendaki. Caranya kamu klik tanda centang di sebelah kanan tulisan ”Choose a question...” Di sana akan muncul lima alternatif pilihan. Pilih salah satu yg paling gampang kamu ingat. Dalam contoh ini saya pilih “Write my own question” lalu isi pertanyaan yg kamu inginkan, dalam contoh ini saya mengisi pertanyaan saya dgn “my blog”.




Selanjutnya isilah kotak “Answer” dengan jawaban yg kamu kehendaki dan ingatlah selalu, apabila kamu lupa dengan password e-mail kamu, maka pertanyaan ini akan memudahkan kamu untuk membuka e-mail kamu.


Jika kamu mempunyai e-mail lain atau alternatif e-mail isilah “Secondary e-mail” apabila kamu belum punya, maka kamu kosongkan saja.

Isi “Location” dgn “Indonesia”, caranya adalah dengan meng-klik tanda panah bawah di ujung kanan kotak lalu klik Indonesia.

Setelah itu isi kotak “Word Verification” dgn huruf yg tersedia di atasnya. Dalam contoh ini adalah “pingsyme”.

Selanjutnya lihat ke halaman bawah. Klik kotak “I accept. Create my account.”


Kalau dalam pengisian kamu tidak ada yg salah, maka selanjutnya akan muncul layar seperti ini:


Selanjutnya Klik “Show me my account”.

Maka akan muncul layar seperti ini:


Nah, kamu sekarang sudah punya alamat email di Google. Ini bisa kamu lihat di pojok kanan atas. Di sana ada tulisan (dalam contoh ini) membuatblog.ig@gmail.com.

Sekarang kamu siap membuat Blog.

Untuk memulai dari awal, sebelumnya kamu keluar dulu dari e-mail kamu. Caranya Klik ”Signout” di sebelah kanan e-mail address kamu seperti terlihat di bawah ini:

membuatblog.ig@gmail.com | Settings | Help | Sign out.

Selamat. Kamu sudah punya e-mail address di Gmail, dan siap menjadi Blogger. Artinya kamu siap cari uang di dunia maya dari Blogging. Kalau sudah sukses jangan lupa pada Blog ini:
"Membuat Blog Itu Gampang".

Selanjutnya, ikuti panduan membuat Blog. Klik di sini.


No comments:

Post a Comment